Selasa, 03 April 2012

Pelabuhan Ikan Muncar, Banyuwangi

Pelabuhan Ikan di Ujung Pulau Jawa
Pelabuhan Muncar di Banyuwangi, Jawa Timur merupakan pelabuhan ikan terbesar kedua setelah Bagan Siapi-api di Sumatera. Berada di kecamatan Muncar menghadap ke selat Bali.

sumber: kotaikan.blogspot















Penurunan Hasil Tangkapan
Beberapa tahun terakhir ini, telah terjadi krisis ikan di Pelabuhan Muncar, Banyuwangi. Dan pencemaran air laut-lah lah yang menyebabkan kawasan ujung timur Pulau Jawa ini mengalami krisis ikan hampir 3 tahun.
Selama 3 tahun terakhir ini, hasil penangkapan ikan dari nelayan di kecamatan Muncar mengalami penurunan drastis, di duga karena air laut di pantai Muncar tercemar limbah dari penambang emas yang di lakukan oleh perusahaan penambang, di kawasan gunung Tumpang Pitu kecamatan Pesanggaran aktivitas industri pengolahan ikan di sekitar kawasan pelabuhan.

Berdasarkan data yang ada, setiap hari ikan yang dibongkar di Muncar minimal 500 ton dan sekitar 90 persen di antaranya dipasok ke industri pengolahan ikan setempat. Data Sekretariat Kabinet RI menunjukkan, Muncar merupakan penghasil ikan terbesar di Jawa Timur dengann produksi ikan tahun 2010 sebesar 27.748 ton. Dimanaa produksi ikan olahan diekspor ke Eropa, Jepang, Uni Emirat Arab, Amerika Serikat, Australia, Singapura, dan Kanada sebanyak 1.562.249,72 kg per bulan dengan nilai ekonomi sebesar hampir Rp 20 miliar.
Angka ekonomi tersebut sebenarnya bisa ditingkatkan apabila daya dukung dan kualitas perairan Muncar tetap dapat dipertahankan dari kemungkinan terjadinya overfishing dan pencemaran.
Sayangnya, potensi besar tidak dapat dimaksimalkan lantaran banyak perusahaan perikanan di Muncar dalam melakukan aktivitas produksinya kurang memperhatikan pengelolaan limbah dari kegiatan produksi. Bisa tebak, akibat pencemaran tersebut produksi penangkapan menurun drastis.
Berdasarkan hasil penelitian terbaru Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Jakarta tahun 2010 terungkap, tingkat pencemaran sudah menjangkau kawasan perairan Muncar sejauh 200 hingga 350 meter dari bibir pantai. Termasuk, sungai-sungai di Muncar yang dijadikan tempat pembuangan limbah seperti Kali Mati, Kali Tratas, dan Kali Moro. Kondisi kali tersebut cukup parah.
Pengendalian pencemaran lingkungan di Muncar memerlukan komitmen bersama untuk merumuskan programdan rencana kegiatan yang terpadu dan berkesinambungan bagi perbaikan ekonomi dan lingkungan di Kabupaten Banyuwangi dann Muncar khususnya. (dari berbagai sumber).

0 komentar:

Poskan Komentar